Usman Yatim Center

Membangun Iman dan Karakter

Masjid Juga Digunakan sebagai Arena Kampanye Politik

Masjid Juga Digunakan sebagai Arena Kampanye Politik

Masjid Langgar Tinggi di daerah Pekojan, Jakarta

Kamis, 29 Januari 2009 | 13:15 WIB

JAKARTA, KAMIS — Meskipun persentasenya kecil, survei “Pemetaan Ideologi Masjid-masjid di DKI Jakarta” yang dilakukan Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) menunjukkan, 6 persen takmir masjid yang menjadi responden menyatakan, ada partai politik yang menjalankan kegiatan politik di masjid. Koordinator Program Penelitian CSRC Ridwan al-Makassary mengatakan, berdasarkan survei ada tiga partai yang melakukan kampanye politik di masjid, yaitu PKS, PPP, dan Golkar.

“Meski kecil, ternyata ada juga partai politik yang melakukan kampanye di masjid, yaitu PKS, PPP, dan Golkar,” ujar Ridwan dalam paparan penelitian di Jakarta Media Center, Jakarta Pusat, Kamis (29/1).

Mayoritas responden, yaitu 94 persen, menyatakan tidak ada partai politik yang menjalankan kegiatan politik di masjid. Sedangkan 70 persen takmir menyatakan, isu sosial politik dan ibadah menjadi materi khotbah Jumat di masjidnya.

Sebanyak 28 persen mengatakan, hanya menjadikan isu ibadah sebagai khotbah, dan hanya 2 persen yang menjadikan isu sosial politik dalam khotbah di masjidnya. Isu sosial politik yang paling sering menjadi materi khotbah, di antaranya menghormati keyakinan agama lain dan pengakuan kesetaraan hak bagi non-Muslim.

Sementara itu, berdasarkan analisis peneliti senior CSRC Sukron Kamil, pengelolaan masjid-masjid di Jakarta masih bersifat tradisional. Salah satu parameternya adalah masjid tidak diformat menjadi center of activity seperti pada zaman Nabi Muhammad SAW.

“Nabi dulu tidak hanya menjadikan masjid sebagai tempat ibadah dan lembaga pengajaran formal, tapi juga pusat kegiatan, bahkan juga menerima tamu di masjid,” papar Sukron. Inggried Dwi Wedhaswary

Sumber: http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/29/13153693/masjid.juga.digunakan.sebagai.arena.kampanye.politik.

Februari 3, 2009 - Posted by | Berita Seputar Pemilu |

1 Komentar »

  1. apapun akan dilakukan dalam pemilu untuk menarik simpati masyarakat termasuk menjual ayat-ayat ALLAH. Sungguh ter…la…lu.

    Komentar oleh hhr | Februari 3, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: