Usman Yatim Center

Membangun Iman dan Karakter

Tekan Golput, KPPS Ajarkan Cara Memilih di TPS

MAKASSAR – Tujuh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diminta secara bergantian mengingatkan pemilih mengenai cara memberikan suara yang benar sesaat sebelum pemilih memasuki Tempat Pemungutan Suara.

Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah suara tidak sah akibat kesalahan penandaan dalam Pemilu Legislatif pada 9 April 2009 mendatang.

Langkah tersebut dinilai cukup efektif dalam membantu pemilih menandai surat suara dengan benar berdasarkan hasil simulasi KPU di Aceh, Jawa Timur, Papua, Banten, dan DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Demikian dikatakan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Jayadi Nas di sela-sela acara bimbingan teknis sosialisasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS yang dilaksanakan di Hotel Clarion, Jalan A.P Pettarani, Makasar, Sulawesi Selatan, Senin (9/2/2009).

“Anggota KPPS harus mengingatkan pemilih sesaat sebelum mereka masuk ke TPS agar tidak salah dalam menandai,” kata Jayadi kepada okezone.

Menurut Jayadi, penandaan dengan cara mencentang (?) adalah hal baru sehingga harus disosialisasikan terus menerus untuk mengurangi jumlah suara tidak sah karena pemilih yang masih terbiasa dengan mencoblos.

Seperti diketahui dalam Pemilu Legislatif 9 April 2009 nanti, pemilih memberikan suara dengan cara mencentang. Tanda tersebut dapat diberikan pada nomor urut atau calon anggota legislatif dan tanda gambar partai politik.

Sementara untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah, penandaan dilakukan pada kolom foto calon. Penandaan dapat dilakukan pada nomor urut dan nama calon yang terdapat dalam kolom foto tersebut.

Namun, apabila dalam penghitungan suara, petugas KPPS menemukan surat suara yang tercoblos, tanda silang (x) tanda garis (-) dan tanda centang yang tidak sempurna () maka suara akan tetap dianggap sah.

(ful)

Sumber : www.okezone.com

Februari 9, 2009 - Posted by | Berita Seputar Pemilu

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: